Senin, 23 April 2012


TEKNOLOGI DESKTOP PUBLISHING
Desktop Publishing

Desktop publishing adalah istilah yang diciptakan setelah perkembangan tertentu jenis perangkat lunak. Sebelum penemuan perangkat lunak penerbitan desktop tugas yang terlibat dalam desktop publishing dilakukan secara manual, oleh berbagai orang dan terlibat baik desain grafis dan prepress tugas-tugas yang kadang-kadang menyebabkan kebingungan tentang apa desktop publishing dan bagaimana hal itu dilakukan.
Desktop publishing adalah penggunaan komputer dan software untuk membuat tampilan visual dari ide dan informasi. Penerbitan dokumen Desktop mungkin untuk desktop atau percetakan komersial atau distribusi elektronik termasuk PDF, menunjukkan slide, newsletter email, dan situs web.

DEFINISI LAMA / TRADISIONAL:
desktop adalah perakitan teknis file digital dalam format yang sesuai untuk dicetak. Dalam penggunaan praktis, banyak dari desain "grafis" proses juga dilakukan dengan desktop publishing dan software grafis dan kadang-kadang termasuk dalam definisi desktop publishing. Perbandingan antara desktop publishing dan desain grafis:
  • Apa Desktop Publishing - Ini adalah proses dengan menggunakan komputer dan tipe tertentu perangkat lunak untuk menggabungkan teks dan grafis untuk menghasilkan dokumen-dokumen seperti newsletter, brosur, buku, dll
  • Apa itu Desain Grafis - Ini adalah proses dan seni menggabungkan teks dan grafis dan mengkomunikasikan pesan yang efektif dalam desain logo, grafis, brosur, buletin, poster, tanda, dan setiap jenis komunikasi lainnya visual.
Desktop publishing (juga dikenal sebagai DTP) menggabungkan sebuah komputer pribadi dan WYSIWYG layout halaman perangkat lunak untuk membuat publikasi dokumen pada komputer baik untuk penerbitan skala besar atau kecil skala lokal multifungsi periferal output dan distribusi.
Desktop publishing umumnya digunakan untuk menggambarkan tata letak halaman keterampilan. Namun, keterampilan dan perangkat lunak tidak terbatas pada kertas dan penerbitan buku. Keterampilan yang sama dan software yang sering digunakan untuk membuat grafik untuk menampilkan titik penjualan , materi promosi , pameran perdagangan menunjukkan , paket desain ritel dan luar tanda . Dengan kata yang sangat sederhana, dapat dikatakan bahwa itu adalah aplikasi pembuat halaman.

Sejarah
Desktop publishing dimulai pada tahun 1985 dengan diperkenalkannya MacPublisher , pertama WYSIWYG layout program, yang berjalan di atas 128K asli Macintosh komputer. (Desktop susunan kata , dengan hanya makeup fasilitas halaman yang terbatas, telah tiba di 1978-9 dengan pengenalan TeX.
DTP itu meledak di tahun 1985 dengan diperkenalkannya pada bulan Januari Apple LaserWriter printer, dan kemudian pada bulan Juli dengan diperkenalkannya PageMaker perangkat lunak dari Aldus yang dengan cepat menjadi standar industri perangkat lunak DTP.
Publikasi pertama yang diketahui menggunakan 'desktop publishing' untuk diproduksi massal dan dijual publikasi adalah Kitab Barter di Campbell River British Columbia yang mulai menerbitkan pada bulan Oktober 1984.
Layar belakang teknologi yang dikembangkan oleh Adobe Systems menetapkan dasar untuk aplikasi desktop publishing profesional. The LaserWriter dan Plus LaserWriter printer termasuk kualitas tinggi, scalable Adobe PostScript -font dibangun ke mereka ROM memori.
Selama tahun-tahun awal, desktop publishing mendapatkan reputasi buruk dari pengguna yang tidak terlatih yang kurang terorganisir menciptakan efek tebusan catatan layout - kritik yang akan dikenakan lagi terhadap awal web penerbit satu dasawarsa kemudian. Namun, beberapa mampu mewujudkan hasil yang benar-benar profesional. Misalnya, . majalah info menjadi desktop pertama yang diterbitkan, penuh warna, kios koran majalah pada triwulan terakhir tahun 1986, menggunakan kombinasi Commodore Amiga komputer, perangkat lunak penerbitan desktop Profesional Page, dan Agfa seter Graphics. Yang dikenal pertama "publikasi desktop" adalah Barter Buku yang diterbitkan di Campbell River British Columbia Kanada.
Kapan desktop publishing diciptakan?       
Beberapa peristiwa pertengahan 1980-an termasuk pengembangan Aldus PageMaker (sekarang Adobe PageMaker) diantar masuk era desktop publishing. Ini memang pengenalan baik LaserWriter Apple, desktop printer PostScript, dan PageMaker untuk Mac yang menggebrak revolusi desktop publishing. Aldus Corporation pendiri Paul Brainerd, biasanya dikreditkan untuk coining kalimat, "desktop publishing." 1985 adalah tahun yang sangat baik.
  1. 1984 - The Apple Macintosh debut.
  2. 1984 - Hewlett-Packard memperkenalkan LaserJet, printer laser desktop yang pertama.
  3. 1985 - memperkenalkan Adobe PostScript, industri standar Page Deskripsi Language (PDL) untuk typesetting profesional.
  4. 1985 - Aldus PageMaker mengembangkan untuk Mac, penerbitan "pertama desktop" aplikasi.
  5. 1985 - Apple menghasilkan LaserWriter, printer laser desktop yang pertama mengandung PostScript.
  6. 1987 - PageMaker untuk platform Windows diperkenalkan.
  7. 1990 - kapal Microsoft Windows 3.0.

Terminologi

Ada dua jenis halaman di desktop publishing, halaman elektronik dan halaman kertas virtual yang akan dicetak pada halaman kertas fisik . Semua dokumen elektronik terkomputerisasi secara teknis, yang terbatas hanya dalam ukuran memori komputer atau komputer penyimpanan data ruang.
Halaman kertas Virtual akhirnya akan dicetak , dan oleh karena itu perlu kertas parameter yang bersamaan dengan internasional standar kertas ukuran fisik seperti "A4," "surat," dll, jika tidak kustom ukuran untuk memangkas. Beberapa program desktop publishing memungkinkan ukuran kustom yang ditujukan untuk pencetakan format besar digunakan dalam poster , billboard dan display menunjukkan perdagangan . Halaman virtual untuk mencetak memiliki ukuran predesignated bahan cetak virtual dan dapat dilihat pada monitor dalam WYSIWYG format. Setiap halaman untuk pencetakan memiliki ukuran trim (pinggir kertas) dan luas dicetak jika berdarah pencetakan tidak mungkin seperti halnya dengan sebagian besar printer desktop .
Sebuah halaman web adalah contoh dari sebuah halaman elektronik yang tidak dibatasi oleh parameter kertas virtual. Sebagian besar halaman dinamis elektronik dapat kembali ukuran, menyebabkan baik konten untuk skala ukuran dengan halaman atau menyebabkan konten untuk kembali aliran .
Page layout adalah proses dimana unsur-unsur yang diletakkan pada halaman teratur, estetis, dan tepat. Utama jenis komponen yang akan diletakkan pada halaman termasuk teks , terkait foto yang hanya dapat diubah sebagai sumber eksternal, dan gambar tertanam yang dapat dimodifikasi dengan aplikasi perangkat lunak tata letak. Beberapa gambar tertanam yang diberikan dalam perangkat lunak aplikasi, sedangkan yang lain dapat ditempatkan dari sumber eksternal file gambar. Teks dapat memasukkan ke dalam tata letak, ditempatkan, atau (dengan penerbitan database aplikasi) terkait dengan sumber eksternal dari teks yang memungkinkan beberapa editor untuk mengembangkan dokumen pada waktu yang sama.
Gaya desain grafis seperti warna, transparansi, dan filter, juga dapat diterapkan untuk unsur-unsur tata letak. Tipografi gaya dapat diterapkan ke teks secara otomatis dengan style sheet . Beberapa program tata letak termasuk style sheet untuk gambar di samping teks. Gaya grafis untuk gambar mungkin bentuk perbatasan, warna, transparansi, filter, dan parameter yang menunjuk arus teks jalan di sekitar objek yang disebut "sampul" atau "alasan yang bukan-bukan."

Perbandingan dengan pengolah kata

Sementara perangkat lunak penerbitan desktop masih menyediakan fitur lengkap yang diperlukan untuk penerbitan cetak, pengolah kata modern sekarang memiliki kemampuan luar penerbitan orang-orang tua banyak aplikasi DTP, mengaburkan batas antara pengolah kata dan desktop publishing.
Sebagai komputer dan sistem operasi menjadi lebih kuat, vendor telah berusaha untuk menyediakan pengguna dengan aplikasi platform tunggal yang dapat memenuhi semua kebutuhan.

Dengan tata letak perangkat lunak elektronik lainnya

Dalam penggunaan modern, DTP kata umumnya tidak menyertakan perangkat seperti TeX atau troff , meskipun keduanya dengan mudah dapat digunakan pada sistem desktop modern dan banyak standar dengan Unix-seperti sistem operasi dan tersedia untuk sistem lain. Perbedaan utama antara elektronik susunan kata perangkat lunak dan perangkat lunak DTP adalah bahwa perangkat lunak DTP umumnya interaktif dan WYSIWYG dalam desain, sementara typesetting perangkat lunak elektronik yang lebih tua cenderung untuk beroperasi dalam modus batch , mengharuskan pengguna untuk memasukkan program markup yang bahasa pengolahan secara manual tanpa visualisasi langsung produk jadi. Gaya yang lebih tua dari software typesetting menempati ceruk besar tetapi menyusut menulis teknis dan publikasi buku, namun karena banyak perangkat lunak dalam genre ini tersedia secara bebas, dapat lebih hemat biaya daripada berorientasi sistem DTP-profesional. Hal ini juga sangat cocok untuk newsletter perusahaan atau aplikasi lain di mana konsisten, otomatis tata letak adalah penting.
Ada beberapa tumpang tindih antara desktop publishing dan apa yang dikenal sebagai Hipermedia penerbitan (yaitu desain Web, Kios, CD-ROM). Banyak grafis HTML editor seperti Microsoft FrontPage dan Adobe Dreamweaver menggunakan mesin layout yang mirip dengan program DTP. Namun, beberapa desainer Web masih lebih memilih untuk menulis HTML tanpa bantuan editor WYSIWYG dan resor dengan perangkat lunak tersebut, jika sama sekali, hanya untuk tata letak kompleks yang tidak dapat dengan mudah diberikan dalam kode HTML ditulis tangan.
Aplikasi DTP
Untuk daftar yang lebih lengkap, lihat Daftar perangkat lunak penerbitan desktop
Siapa yang menggunakan desktop publishing?
Hampir semua orang bisa melakukannya dengan desktop publishing software yang benar. Namun, ada kelompok tertentu yang cenderung memanfaatkan sebagian besar teknik desktop publishing. Desktop publishing abad 21 juga mencakup atau elektronik penerbitan online, termasuk dokumen PDF, halaman Web, eBook, dan newsletter email. Seperti halnya dengan penerbitan media cetak, baik desainer profesional dan non-desainer terlibat dalam pengembangan dokumen desktop publishing untuk online / ditampilkan di layar.

Jumat, 13 April 2012

Dampak Positif dan Negatif pada Penggunaan Ponsel

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PONSEL

Handphone atau biasa disebut Telepon Genggam atau yang sering dikenal dengan nama Ponsel merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel dan wireless).

Selain itu, Pengertian Handphone dapat didefinisikan sebagai sebuah alat elektronik yang digunakan untuk telekomunikasi radio dua arah melalui jaringan seluler dari BTS yang dikenal sebagai situs sel. Ponsel berbeda dari telepon tanpa kabel, yang hanya menawarkan layanan telepon dalam jangkauan terbatas melalui stasiun pangkalan tunggal menempel pada garis tanah tetap, misalnya di dalam rumah atau kantor.

Sebuah ponsel memungkinkan pengguna untuk membuat dan menerima panggilan telepon dari dan ke jaringan telepon publik yang meliputi ponsel lain dan telepon fixed-line di seluruh dunia. Hal ini dilakukan dengan menghubungkan ke jaringan seluler milik operator jaringan mobile. Fitur utama dari jaringan selular adalah bahwa hal itu memungkinkan panggilan telepon mulus bahkan ketika pengguna sedang bergerak di sekitar wilayah yang luas melalui proses yang dikenal sebagai handoff atau handover.
Selain menjadi telepon, Ponsel modern juga mendukung layanan tambahan banyak, dan aksesoris, seperti SMS (atau teks) pesan, e-mail, akses Internet, game, Bluetooth dan inframerah komunikasi nirkabel jarak pendek, kamera, MMS messaging, Player radio, MP3 dan GPS. Ponsel Low-end sering disebut sebagai fitur ponsel, sedangkan ponsel high-end yang menawarkan kemampuan komputasi yang lebih maju yang disebut sebagai smartphone.




Dampak positif penggunaan ponsel antara lain:
a.       Semakin mudah dan cepatnya manusia dalam berkomunikasi
b. Semakin murah dalam berkomunikasi
c. Mudah berkomunikasi dalam jarak jauh
d. Semakin berkembangnya bisnis ponsel
e. Semakin berkembangnya bisnis yang menghubungkan dengan teknologi ponsel seperti   kuis SMS
 (ponsel keluaran terbaru)
Dampak negatif penggunaan ponsel antara lain:
a.Semakin melunturnya nilai moral dan sopan santun
b.Adanya kejahatan dan penipuan dalam SMS
c.Kejahatan dalam penyalahgunaan kamera dan foto dalam ponsel
d.Disinyalir bahwa penggunaan ponsel secara berlebihan dapat menimbulkan kanker otak dan resiko tumor otak.
 







e.Dampak kultural yakni bahwa ponsel tidak hanya sebagai teknologi komunikasi namun juga sebagai hal yang mencerminkan ikatan emosional dan budaya yang melambangkan     status sosial manusia sehingga manusia selalu melihat ponsel sebagai ukuran status manusia dan berlomba untuk selalu mendapat serta mengganti ponsel dengan tipe yang terbaru
f.Dengan ponsel masyarakat kini lebih cenderung menjadi masyarakat yang malas karena hanya dengan ponsel dapat melakukan berbagai aktivitas komunikasi sehingga proses interaksi secara langsung atau tatap muka dengan orang lain jarang dilakukan.
g.Pemborosan yang sia-sia
Dengan mempunyai / menggunakan HP tidak seperlunya, maka pengeluaran jelas akan bertambah. Anak tidak mempunyai buku dengan alasan tidak punya uang,  tetapi dibalik itu kalau urusan “ membeli pulsa “ tidak ada kata : “ tidak punya uang “


Dampak positif 3G antara lain:
a) Dapat memperoleh layanan jasa komunikasi dan informasi yang lengkap karena dapat mengakses internet.
b) Merekam gambar dengan cepat dan ukuran yang besar.
c) Menonton Televisi.
d) Dapat melihat gambar lawan bicara ketika sedang menelpon sehingga 3G juga disebut sebagai teknologi multimedia.



Dampak negatif 3G antara lain:
a) Digunakan untuk hal- hal yang menyimpang dan menimbulkan kejahatan.
b) Biaya yang mahal.
c) Hanya bisa digunakan oleh tipe- tipe Handphone tertertu.
d) Dapat menekan bisnis lain seperti pos/surat, warnet, dan lain- lain.
e) Menimbulkan masyarakat yang malas.

Dampak- dampak negatif tersebut harus kita tanggulangi bersama melalui seluruh masyarakat. Tidak hanya peranan pemerintah dengan hukum dan aturan yang jelas dan mengikat namun peran dari perusahaan komunikasi yang bersangkutan.




Ajeng Octaviana Putri  153090052
Putri Utami Oktavia      153090087
Ambar Sukarini            153090095
Asterina Adi Yuliana     153090337